Home » » Patologi Sosial, Dr. Kartini Kartono

Patologi Sosial, Dr. Kartini Kartono

Author: Dr. Kartini Kartono
Genre: Patologi Sosial
Publisher: Rajawali Pers
Publication Year: 2011
ISBN: 9794211516

Buku ini sangat baik untuk dibaca, kita dapat megetahui permasalahan dan cara-cara penanggulangan terhadap apa yang dihadapi sosial. mulai dari pengertian, jenis, sebab-sebab, akibat-akibat, serta saran-sarannya.
Ringkasan:

Masyarkat modern yang serba kompleks akibat kemajuan teknologi, mekanisasi, industrialisasi, urbanisasi dan yang terakhir akibat krisis, memunculkan banyak masalah sosial. Oleh karena itu, adaptasi penyesuaian diri seseorang dalam kehidupan masyarakat modern yang hiperkompleks itu menjadi tidak mudah. Kesulitan mengadakan adaptasi dan adjusmen menyebabkan kebingungan, kecemasan, dan berbagai konflik baik yang terbuka maupun tersembunyi, secara eksternal maupun internal. Dengan demikian, banyak orang mengembangkan pola tingkahlaku menyimpang dari norma-norma umum atau berbuat semau sendiri, demi kepentingan sendiri, dan merugikan orang lain. Gejala-gejala sosial yang dianggap  “sakit” itulah yang menjadi bahan kajian dalam patologi sosial atau “penyakit masyarakat” ini.

Secara umum buku ini menjelaskan tentang patologi sosial dan masalah sosial yang terjadi akibat diferensiasi dan deviasi. Kedua hal itu memunculkan berbagai penyakit masyarakat, antara lain individu sosiopatik, perjudian, korupsi kriminalitas, pelacuran, dan mental disorder. Kelima jenis “penyakit” tersebut dibahas secara secara detail di dalam buku ini, mulai dari pengertian, jenis, sebab-sebab, akibat-akibat, serta saran-saran untuk menanggulanginya.

Patologi sosial ialah ilmu tentang gejala-gejala sosial yang dianggap “sakit” disebabkan oleh factor-faktor sosial. Jadi ilmu tentang “penyakit masyarakat”. Maka “penyakit masyarakat/sosial” itu adalah segenap tingkah laku manusia yang dianggap tidak sesuai, melanggar norma-norma umum dan adat-istiadat, atau tidak terintegrasi dengan tingkah laku umum.

Masalah-masalah sosial pada zaman modern yang dianggap sebagai sosipatikatau sakit secara sosial, dan secara popular kita kenal sebagai penyakit masyarakat itu merupakan struktural dan totalitas system sosial. Dengan kata lain, penyakit masyarakat yang demikian merupakan produk sampingan,atau merupakan konsekuensi yang tidak diharapkan dari system sosio-kultural zaman sekarang, dan berfungsi sebagai gejala tersendiri.

Sebutan lain dari masalah sosial yang patologis  (sosiopatik) ialah: disorganisasi sosial, yang sering disebut dengan istilah disintegrasi sosial. Disorganisasi disentegrasi sosial akan berlangsung, apabila terdapat perkembangan yang tidak seimbang dari macam-macam bagian kebudayaan, sehingga banyak muncul kesenjangan sosial; juga muncul kelambatan budaya atau cultural lag. Banyak unsur-unsur masyarakat yang menjadi lepas tercecer, dan sukar diintegrasikan, secara sukar diatur dan dan diorganisasi. Oleh karena itu, terjadi banyak disintegrasi sosial dan diorganisasi sosial.

Pos teratas

Diberdayakan oleh Blogger.

Ikut kami di Facebook