Home » » KUHP dan KUHAP, R. Soenarto Soerodibroto, S.H.

KUHP dan KUHAP, R. Soenarto Soerodibroto, S.H.

Author: R. Soenarto Soerodibroto
Publisher: RajaGrafindo (Rajawali Pers)
Publication Year: 2011
ISBN: 9794212881

Penulis memperkaya buku ini dengan putusan-putusan Mahkamah Agung dan Arrest-Arrest Hoge Raad sehingga memberikan pengetahuan yang lengkap tentang hukum pidana dan praktek-prakteknya.

Overview

Hak cipta Dilindungi Undang-undang

Manfaat terpenting dengan ditulisnya buku KUHP dan KUHAP yang ditujukan kepada masyarakat luas, mahasiswa dan praktisi hukum adalah memberikan tidak hanya pengertian yang tersurat dalam KUHP, namun juga yang tersirat di dalamnya sehinnga maksud dan penerapannya tidak melenceng dari yang dikehendaki oleh pembuat undang-undang.

Penulis memperkaya buku ini dengan putusan-putusan Mahkamah Agung dan Arrest-Arrest Hoge Raad sehingga memberikan pengetahuan yang lengkap tentang hukum pidanan dan praktek-prakteknya.

Dalam cetakan baru ini, bapak Harry Hersugiarto, SH. Dan bapak Darwir Tampubolon, SH. Meneruskan langkah bapak Soenarto Soerodibroto, SH. (alm) dengan melakukan revisi penting pada beberapa pasal-pasal dalam kitab Undang-undang Hukum pidana jis. Undang-undang Nomor 1 Tahun 1946.

Semenjak wafatnya almarhum Bapak Soenarto Soerdibroto, S.H., kami mewakili ‘‘ahli waris” almarhum merasa terpanggil untuk meneruskan tradisi warisan beliau untuk terus-menerus melakukan perbaikan-perbaikan atas ini buku ini supaya tetap terpelihara aktualitasnya sesuai perkembangan hukum pidana di Indonesia.

Pada edisi keempat cetakan kesembilan kali ini, kami melakukan perbaikan-perbaikan, berkaitan dengan adanya beberapa pasal dalam KUHP yang dinyatakan tidak berlaku karena telah diintegrasikan ke dalam isi UU No. 31 Tahun 1999 Tentang pemberantasan Tindak pidana Korupsi jo UU No. 20 Tahun 2001.

Adapun bunyi pasal 43 B undang-undang dimaksud sebagai berikut: “Pada saat mulai berlakunnya undang-undang ini, pasal 209, pasal210, pasal 387, pasal 388, pasal 415, pasal 417, pasal 418, pasal 419, pasal 420, pasal423, pasal 425, dan pasal 435 kitab undang-undang Hukum pidana jis. Undang-undang nomor ! Tahun 1946 tentang peraturan Hukum pidana ( Berita Republik II Nomor 9), undang-undang nomor 37 Tahun1958 tentang menyatakan berlakunya Undang-undang nomor 1 Tahun 1946 tentang peraturan hukum pidana untuk seluruh wilaya Republik Indonesia dan mengubah kitab undang-undang Hukum pidana ( Lembaran Negara Tahun 1958 Nomor 27, Tambahan Lembaran Negara nomor 1660) sebagaiman telah beberapa kali diubah terakhir dengan Undang-undang Nomor 27 tahun 1999 tentang perubahan kitab undang-undang Hukum pidana yang berkaitan dengan kejahatan Terhadap Keamanan Negara, dinyatakan tidak berlaku”.

Pos teratas

Diberdayakan oleh Blogger.

Ikut kami di Facebook