Home » » KetenagaKerjaan & Penyelesaian Perselisihan Hubungan Industrial, Yudha Pandu

KetenagaKerjaan & Penyelesaian Perselisihan Hubungan Industrial, Yudha Pandu

Author: Yudha Pandu
Genre: Hukum Ketenagakerjaan
Publisher: Indonesia Legal Center Publishing
Publication Year: 2011
ISBN: 9789799642097

Diperlukan pembaharuan perundang-undangan dibidang ketenagakerjaan. Maka dalam rangka pembaharuan tersebut, lahirlah undang-undang No. 13 Tahun 2003 tentang ketenagakerjaan dan kemudian disusul Undang-undang No. 2 Tahun 2004 tentang Penyelesaian Perselisihan Hubungan Industrial

Hubungan industrial yang harmonis, dinamis, dan berkeadilan perlu diwujudkan secara optimal sesuai dengan nilai-nilai pancasila sebagaimana bagian dari pembangunan nasional yang membangun masyarakat Indonesia yang sejahtera, adil, makmur, dan merata baikmateril maupun spiritual.

Dalam pelaksanaan pembangunan nasional tersebut, tenaga kerja mempunyai peranan dan kedudukan yang penting sebagai pelaku dan tujuan pembangunan. Oleh karena itu, perlindungan terhadap tenaga kerja sangat diperlukan.

Di sisi lain, masalah perselisihan hubungan Industrial menjadi semakin meningkat dan kompleks, jika dibiarkan tanpa diatur penyelesaiannya melalui prosedur dan mekanisme yang baik maka akan dapat menimbulkan instabilitas yang pada akhirnya akan mengganggu jalannya pembangunan nasional.  Padahal sejumlah peraturan perundang-undang dibidang ketenagakerjaan dinilai tidak sesuai lagi dengan kebutuhan dan perkembangan pembangunan yang semakin maju.

Oleh karena itu, diperlukan pembaharuan perundang-undangan dibidang ketenagakerjaan. Maka dalam rangka pembaharuan tersebut, lahirlah undang-undang No. 13 Tahun 2003 tentang ketenagakerjaan dan kemudian disusul Undang-undang No. 2 Tahun 2004 tentang Penyelesaian Perselisihan Hubungan Industrial. Walaupun sebagian pihak menilai peraturan perundang-undangan tersebut masih banyak mengalami kelemahan,namun sekurang-kurangnya kita telah memiliki dasar hukum mengatur persoalan ketenagakerjaan yang pada masa mendatang diharapkan lebih disempurnakan lagi.

Maka melalui buku ini, kedua Undang-undang tersebut dapat disosialisasikan agar pekerja, pengusaha maupun aparat pemerintah secara bersama-sama menjalankan denagan baik, sehingga hubungan harmonis, dinamis dan keadilan dapat diwujudkan sesuai denagan nilai-nilai pancasila. Semoga buku ini bermanfaat.

Pos teratas

Diberdayakan oleh Blogger.

Ikut kami di Facebook