Home » » Kani Kosen: Sebuah Revolusi, Kobayashi Takiji

Kani Kosen: Sebuah Revolusi, Kobayashi Takiji

Author: Kobayashi Takiji
Genre: Fiksi Sejarah
Publisher: Jalasutra
Publication Year: 2013
ISBN: 9786028252836

Sebuah karya klasik kesusastraan proletariat Jepang yang terbit untuk pertama kalinya di tahun 1929, bersamaan dengan era *Great Depression*, kemudian meraih kebangkitannya yang spektakuler di abad 21 di tengah hantaman krisis yang melanda dunia tahun 2008.

Overview 

Kani Kosen: Sebuah revolusi bercerita tentang kisah kehidupan para buruh pabrik pengolahan kepiting di dalam sebuah kapal yang berlayar di perairan Kamchatka – yang bekerja dengan sangat keras dan dibawah kondisi yang memperihatinkan. Di tulis oleh kobayashi Takaji, seorang sastrawan komunis yang tewas disiksa oleh kepolisian jepang di usianya yang ke – 29 tahun.

Novel ini mendedikasikan kisahnya untuk perjuangan para kru kapal kani kosen  – para buruh dan nelayan pabrik pengolahan kepiting – yang tertindas, namun bersatu dan mengorganisir pemogokan butuh untuk melawan kesewenangan yang mereka alami.

Sebuah karya klasik kesusastraan proletariat jepang yang terbit pertama kalinya di tahun 1929, bersamaan dengan era Great Depression, kemudian meraih kebangkitannya yang spektakuler di abad 21 di tengah di tengah hantaman krisis yang melanda dunia tahun 2008.

“Sebuah novel yang mengisahkan sebuah pemberontakan dalam kapal yang meraih sukses tak terduga di kalangan anak muda jepang.”
The Guardian

“Sebuah karya yang tak dinyana menjadi best seller; yang mengisahkan tingkat kecemasan kelas pekerja rendahan menghadapi kerentanan kerja yang tak menentu.”
The New York Times

“Kuncu kesuksesan novel ini adalah rasa solidaritas yang muncul karena kesamaan nasib. Anak muda bersimpati dengan kisah dalam novel ini karena mereka seperti menyaksikan diri mereka sendiri dan kondisi actual hari ni.”
Hirokazu Toeda, professor universitas Waseda, Tokyo.

Sejarah tidak mungkin terulang, tetapi suasana batin suatu masyarakat dapat berdaur ulang dalam analogi zeitgeist sosial budaya, politik, dan ekonomi.

Ideologi yang memobilisasi kehidupan politik, ekonomi sosial suatu masyarakat dalam kurun waktu tertentu, dapat dimaknai bukan sebagai ideologi, tetapi sebagai suasana batiniah yang tidak berorentasi ideologi dalam kurun waktu lain.

Jepang dalam kurun waktu tahun 1920-an mengalami suasana zaman ketegangan antara kelompok sosial miskin versus kelompok sosial berada, ekonomi kapitalis versus ekonomi terpuruk, kelompok politik fasistis militeristis versus kelompok politik proletariat. Kaum majikan borjuis versus kaum pekerja. Partai politik berkuasa sebagai mesin kaum birokrat kapitalis berhadapan dengan partai politik proletariat yang didukung anak-anak muda dan segelintir intelektual kampus.

Pos teratas

Diberdayakan oleh Blogger.

Ikut kami di Facebook