Home » » Dekolonisasi Buruh Kota Dan Pembentukan Bangsa, Erwiza Erman

Dekolonisasi Buruh Kota Dan Pembentukan Bangsa, Erwiza Erman

Author: Erwiza Erman
Genre: Hukum Perburuhan
Publisher: yayasan pustaka obor Indonesia
Publication Year: 2013
ISBN: 9789794617977

Buku ini tidak hanya menghadirkan kenyataan sejarah melainkan juga kenyataan-kenyataan lain yang sangat bermanfaat untuk memahami Indonesia sebagai sebuah keutuhan dengan menempatkan buruh sebagai aktor utama di dalam proses berbangsa dan bernegara.

Overview

Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang

Dalam sejarah Indonesia, buruh adalah sebuah kata yang tidak semua orang dapat menerimanya dengan baik karena berbagai alasan subyektif masing-masing. Pada masa ketika sebuah rezim paranoid yang mengalami ketakutan dan kecurigaan yang berlebihan terhadap masa lalu seperti Orde Baru misalnya, kata buruh sama sekali tidak memiliki hak hidup secara formal karena dengan bayang-bayang tentang kelompok sosial ini yang selalu dikaitkan dengan ideologi kiri revolusioner atau komunis yang dianggap sebagai musuh utama rezim yang sedang berkuasa waktu itu.

Buku ini tidak hanya menghadirkan kenyataan sejarah melainkan juga kenyataan-kenyataan lain yang sangat bermanfaat untuk memahami Indonesia sebagai sebuah keutuhan dengan menempatkan buruh sebagai aktor utama di dalam proses berbangsa dan bernegara.

Bambang Purwanto,M.A, PhD
pengajar jurusan sejarah UGM

Akhir-akhir ini awal tahun 2012, ruang media massa Indonesia dihiasaioleh berbagai berita tentang aksi besar-besaran para buruh didalam negeri, mulai dari konvensional sampai tindakan para buruh menutup jalan kelokasi pusat produksi dan menduduki ruang publik seperti jalan tol. Padahal sebelum ini aksi buruh berskala besar seperti itu biasanya hanya marak dilakukan pada waktu-waktu tertentu, terutama menjelang perayaan hari buruh dunia. Aksi-aksi itu tidak hanya terjadi dipusat-pusat industry jawa, namun berlangsung secara merata di pulau-pulau lainnya termasuk papua. Kenyataan itu langsung menimbulkan berbagai spekulasi, yang berhubungan dengan adanya keadaan yang dapat dikategorikan sebagai sesuatu yang luar biasa sedang terjadi dalam diri para buruh di Indonesia yang tidak lagi mampu lagi dimediasi dengan cara yang selama ini dilakukan. Hal itu sekaligus menunjukan bahwa masalah yang ada disekitar buruh tidak lagi dapat dipahami sekadar sebagai fenomena dan kenyataan sosial semata, melainkan juga persoalan politik Indonesia saat ini secara menyeluruh.

Pos teratas

Diberdayakan oleh Blogger.

Ikut kami di Facebook