Home » , » Cyber Law Dan Haki Dalam Sistem Hukum Indonesia, Prof. Dr. H. Ahmad M. Ramli, SH., MH.

Cyber Law Dan Haki Dalam Sistem Hukum Indonesia, Prof. Dr. H. Ahmad M. Ramli, SH., MH.

Genre: Hukum Perburuhan
Publisher: PT. Refika Aditama
Publication Year: 2011
ISBN: 9793304197

“Dinobatkannya” Indonesia sebagai Negara dengan tingkat kejahatan tertinggi dalam kasus-kasus transaksi melalui internet berdasarkan presentase jumlah transaksi dan pelanggaran hukum yang terjadi, menunjukan setidaknya dua hal, disamping memberikan manfaat juga menjadi instrumen perbuatan melawan hukum yang potensial, dan kedua menunjukkan betapa perlunya untuk segera membenahi sektor hukum dibidang ini, termasuk membuat hukum positif yang terkait dengan aktivitas Cyber.

Overview

Hak Cipta Dilindungi Undang-undang

Perkembangan terakhir teknologi informasi begitu sangat mengagumkan, hingga dunia dijadikannya sebuah tatan yang borderless. Demikian juga dengan peradaban manusia beserta segi-seginya yang secara disignifikan sangat terpengaruh. Kecangihan dunia cyber –dalam buku ini diilustrasikan sebagai pedang bermata dua- tak pelak lagi karena kontribusinya membawa pada dua konsekuensi yaitu bagi kesejahteraan dan peradaban manusia sekaligus sebagai sarana efektif untuk melakukan berbagai tindakan kejahatan (cyber crime).

Berbagai bentuk pelanggaran dan perbuatan melanggar hukum sangat memungkinkan dalam praktik dunia cyber. HAKI (Hak Atas Kekayaan Intelektual) sebagai pilar utama dalam cyber Law merupakan titik yang sangat menjadi perhatian  masyarakat internasional yang diimplementasikan dalam aspek regulasinya. Di Indonesia antisipasinya melaluai berbagai peraturan perundangan seprti dalam bidang paten dan merk serta regulasinya secara spesifik yaitu undang-undang informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) baru saja diundangkan.

Cyber Law sebagai kajian muthakir merupakan sebuah kebutuhan atas kecenderungan fenomena peradaban pada era komputer. Dalam hal literature, buku ini merupakan jawaban atas kelangkaan diangkatnya materi Cyber Law dalam sebuah buku. Selamat membaca.

“Dinobatkannya” Indonesia sebagai Negara dengan tingkat kejahatan tertinggi dalam kasus-kasus transaksi melalui internet berdasarkan presentase jumlah transaksi dan pelanggaran hukum yang terjadi, menunjukan setidaknya dua hal,  disamping memberikan manfaat juga menjadi instrumen perbuatan melawan hukum yang potensial, dan kedua menunjukkan betapa perlunya untuk segera membenahi sektor hukum dibidang ini, termasuk membuat hukum positif yang terkait dengan aktivitas Cyber.

Jika ada disiplin ilmu sosial yang berkembang demikian pesat sejalan dengan perkembangan teknologi, maka itulah ilmu hukum. Perkembangan teknologi informasi yang sangat cepat telah menyebabkan eksistensi hukum di bidang ini yang dikenal dengan Cyber Law mendapat perhatian begitu banyak pihak.

Pos teratas

Diberdayakan oleh Blogger.

Ikut kami di Facebook