Home » , » Antropologi Hukum Indonesia, Prof. Hilman Hadikusuma, S.H.

Antropologi Hukum Indonesia, Prof. Hilman Hadikusuma, S.H.

Author: Prof. Hilman Hadikusuma, S.H.
Publisher: Alumni
Publication Year: 2010
ISBN: 9794140104

Sebagai kelanjutan dari usaha manusia dalam masyarakat untuk memelihara sistem kemasyarakat, maka ia menghasilkan kesamaan dan keserasian perilaku dari para anggota individu dalam masyarakat atau sebagian dari masyarakat itu.
Overview

Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang

Sasaran pokok antopologi adalah Manusia, baru kemudian perilaku budayanya, bukan sebaliknya sebagaimana dalam ilmu yang lain.

Dengan demikian, dalam pandangan antropolgi, dimana saja ada manusia hidup bermasyarakat harus ada sistem kontrol sosialnya. Sistem control sosial itu akan mempunyai kekuatan hukum, apabila ia digunakan oleh kekuasaan masyarakat, maka pada masyarakat itu terdapat hukum.

Sebagai kelanjutan dari usaha manusia dalam masyarakat untuk memelihara sistem kemasyarakatan, maka ia menghasilkan kesamaan dan keserasian perilaku dari para anggota individu dalam masyarakat atau sebagian dari masyarakat itu. Jadi, jelaslah bahwa lapangan penelitian antropologi hukum ditujukan pada suatu garis perilaku yang menunjukan kejadian secara terus-menerus.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai antropologi hukum, buku ini dapaty memenuhi keinginan siapa saja yang berminat memahami dan mendalaminya.

Istilah Antropologi terjadi dari kata antropos dan logos. Kedua kata itu berasal dari bahasa yunani; antropos artinya manusisa logos artinya ilmu atau studi. Jadi antropologi artinya adalah ilmu atau studi tentang manusia, atau jelasnya ilmu pengetahuan yang mempelajari Manusia, baik dari segi hayati maupun dari segi budaya (aAmericana, 1983, 2:43). Ilmu tentang hayati manusia dapat dibedakan abtara yang disebutpale-Antropologi Fisik dalam arti sempit. Kedua pembagian ini merupakan satu kelompok ilmu yang disebut Antropologi fisik. Adanya perbedaan itu dikarenakan objek penelitiannya berbeda.

Jika penelitianya mengenai fosil-fosil manusia purba, yaitu sisa-sisa kerangka tubuh manusia purba yang pada umunya terdapat didalam bumi dan cara penelitiannya dilakukan dengan cara penggalian tanah, maka ia dalam ruang lingkup penelitian paleo-Antropologi.

Menghadapi banyaknya permintaan, tentunya buku ini diharapkan segera dapat memenuhi kebutuhan para pemakainya. Cetakan kedaua buku ini tidak mengalami perubahan, isinya sama dengan cetakan sebelumnya. Kritik dan saran demi perbaikan buku ini senantiasa akan dihargai. Semoga bermanfaat.

Pos teratas

Diberdayakan oleh Blogger.

Ikut kami di Facebook